SELAMAT DATANG DI KOTA SOLO

BERSIH KOTANYA SANTUN MASYARAKATNYA

Taman Balekambang, Taman 'Klangenan' Perpaduan Klasik Modern

Rabu, 30 Maret 2011

Warga Kota Surakarta kini mempunyai tempat 'klangenan' baru yang indah dan eksotik.Tempat  pelepas lelah dan sarana berkumpul keluarga yang asik dan nggak bikin kantong kering.
Taman Balekambang namanya. Rindangnya pepohonan yang membuat suasana yang nyaman membuat para orang tua suka membawa anak-anak dan keluarga mereka ke sana pada saat akhir minggu (week end).
Taman Balekambang dibangun pada 1921 oleh KGPAA Mangkunagara VII, yang dikenal dengan Partini Tuin pada saat itu, sebuah nama  yang diambil dari nama putri beliau yang bernama Partini.
Sempat tidak terurus, selama beberapa tahun terakhir, namun kini taman Balekambang telah “disulap” oleh Pemerintah Kota Surakarta, menjadi sebuah taman yang asri yang layak untuk dijadikan salah satu icon pariwisata Kota Surakarta.
Kedepannya taman Balekambang akan dikembangkan menjadi taman botani, jadi jangan heran ketika anda berkunjung kesana nanti akan dijumpai berbagai pepohonan yang langka yang kini mulai ditanam, pepohonan tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah pejabat Negara, tokoh public hingga sejumlah diplomatic negara sahabat.
Selain itu sebuah teater terbuka (mirip dengan teater terbuka di kompleks candi Prambanan ) turut menghiasi taman Balekambang, semoga ini tidak hanya menjadi sebuah hiasan namun menjadi sebuah wahana untuk menghidupkan kembali budaya Surakarta yang nyaris musnah ditelan masa.
Tak hanya itu,Taman Balekambang akan makin marak dengan akan diresmikannya outbound di bulan Februari 2010 yang lalu, ada beberapa  jenis permainan yang dibangun antara lain highrope, flying fox, hurmabridge dll.selain permainan untuk orang dewasa juga disediakan permainan untuk anak2.
Yang pasti kini Taman Balekambang benar benar indah dan saya yakin taman ini akan menjadi area publik yang semakin diminati masyarakat.selain tempat yang sejuk dengan pohon2 besar dan kesegaran udaranya menjadi tempat favorit untuk bersantai bersama keluarga.Asalkan taman ini selalu didukung oleh masyarakat Solo sendiri,baik itu dari segi kebersihannya,keamanannya,ketertibannya dan tak lupa keramahtamahan watak khas warga Solo. 

0 komentar:

Posting Komentar

Sugeng Rawuh

Sugeng Rawuh

Label Cloud




Statistik


awoencahsolo. Diberdayakan oleh Blogger.